Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Seting Windows XP Dengan Men-disable Services.Msc

Wednesday, November 9, 2011


Pada postingan kali ini fakir akan memberikan kembali trik agar Windows bisa berjalan lebih baik pada postingan yang terdahulu pernah fakir bahas dengan cara menggunakan REGEDIT bisa anda lihat kembali disini ( Beberapa Macam Tips Regedit ) atau disini ( Perbaikan Komputer Dengan Regedit ).
Dan yang ini mengunakan SERVICES.MSC dengan cara sebagai berikut :

Matikan services yang tidak dibutuhkan
Klik Start > Run > Ketikkan services.msc

Disable pada service-service yang tidak kita butuhkan, diantaranya :

Alerter : Memberitahu user dan komputer jika ada alert. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah program yang menggunakan alert tidak akan menerima mereka. Service ini di Seting Windows XP sebaiknya dimatikan.
Application Layer Gateway Service :Memberikan support untuk plug-in protokol aplikasi dan meng-enable konektivitas jaringan/protokol. Service ini boleh saja dimatikan. Dampaknya adalah program seperti MSN Messenger dan Windows Messenger tidak akan berfungsi. Service inidi Seting Windows XP sebaiknya dijalankan, tetapi hanya jika menggunakan firewall Windows atau firewall lain. Jika tidak bisa membuat lubang keamanan yang serius.
Application Management : Memproses instalasi, penghapusan, dan enumerasi untuk Active Directory IntelliMirror group policy program. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah user tidak akan bisa menginstalasi, menghapus, mengenumerasi program IntelliMirror. Service ini di Seting Windows XP sebaiknya dimatikan.
Automatic Updates : Melakukan download dan instalasi update Windows. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah operating system tidak bisa otomatis menginstalasi update, tetapi masih bisa di-update secara manual pada situs Web Windows Update. Service ini sebaiknya dijalankan karena Automatic Update menjaga komputer Anda tetap up-to-date. Jika Anda mematikan service ini, lalukan update secara manual.
Background Intelligent Transfer : Transfer data antara client dan server secara background. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya, fitur seperti Windows Update tidak bisa berfungsi dengan baik. Service di Seting Windows XP sebaiknya dimatikan, tetapi jalankan service jika Anda menggunakan Automatic Update.
Clipbook : Meng-enable ClipBook Viewer untuk menyimpan informasi dan membaginya dengan remote komputer. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah ClipBook Viewer tidak akan bisa berbagi informasi dengan remote komputer. Service ini di Seting Windows XP sebaiknya dimatikan.
Computer Browser : Mengelola dan memperbarui daftar komputer pada jaringan Anda,dan memberikan daftar tersebut ke program yang memintanya. Service Computer Browser digunakan oleh komputer Windows yang perlu melihat domain dan resource jaringan. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah komputer Anda tidak akan bisa melihat komputer lain pada jaringan. Service inidi Seting Windows XP sebaiknya dinyalakan jika Anda perlu berbagi file dengan komputer lain.
Distributed Link Tracking Client : Memastikan link shortcut dan OLE tetap bekerja setelah file target namanya diganti atau dipindahkan dengan mengelola link pada sistem file. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah link tracking tidak akan tersedia. User pada komputer lain tidak akan bisa memantau link pada komputer yang bersangkutan. Service ini di Seting Windows XP sebaiknya dimatikan.
Distributed Transaction Coordinater : Mengoordinasikan transaksi yang mencakup beberapa resource manager, seperti database, message queue, dan sistem file. Service ini di Seting Windows XP boleh dimatikan. Dampaknya adalah transaksi tidak akan muncul.
Error Reporting Service : Mengumpulkan, menyimpan, serta melaporkan crash aplikasi ke Microsoft. Service ini boleh dimatikan karena error reporting hanya muncul jika terjadi kesalahan kernel dan user. Service ini di Seting Windows XP sebaiknya dimatikan.
Fast User Switching Compatibility : Memungkinkan pengelolaan aplikasi yang membutuhkan lingkungan multiple user. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah Fast User Switching tidak tersedia. Service ini di Seting Windows XP sebaiknya dimatikan dan lagi pula ia tidak bisa bekerja pada lingkungan domain.
Help and Support : Memungkinkan Help and Support Center dijalankan. Service ini di Seting Windows XP boleh dimatikan. Dampaknya adalah Help and Support Center tidak tersedia.
Human Interface Access Devices :
IMAPI CD-Burning :Mangatur perekaman CD menggunakan Image Mastering Application Programming Interface (IMAPI). Service ini boleh saja dimatikan. Dampaknya adalah komputer tidak akan bisa merekam CD. Service ini di Seting Windows XP sebaiknya dimatikan, tetapi boleh saja dimatikan jika Anda tidak mempunyai drive CDRW.
Indexing Service : Mengindeks isi dan properties file pada komputer lokal dan remote. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah file tidak akan diindeks sehingga pencarian menjadi lambat karena pengindeksan bisa mempercepat pencarian. Service ini sebaiknya dimatikan, tetapi uninstall saja jika Anda tidak akan menggunakannya.
IPSEC Services : Menyediakan sekuriti end-to-end antara client dan server pada jaringan TCP/IP. Service ini boleh saja dimatikan. Dampaknya adalah sekuriti TCP/IP antara client dan server pada
jaringan tidak akan mati. Service ini sebaiknya dimatikan, tetapi jika Anda terhubung melalui koneksi IPSec, jangan matikan.
Messenger : Mengirim pesan net send dan Alerter antara client dan server. Service ini tidak berhubungan dengan Windows Messenger. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya, pesan Alerter tidak akan dikirim. Service ini sebaiknya dimatikan.
Net Logon : Bila anda terhubung dengan network dan sebuah domain. Fitur ini diperlukan Tetapi bila anda hanya mengunakan computer sendiri saja dan tidak memiliki domain. Fitur ini dapat dimatikan
NetMeeting Remote Desktop Sharing : Memungkinkan user untuk mengakses komputer secara remote dengan menggunakan NetMeeting. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah remote desktop sharing tidak akan tersedia. Service ini sebaiknya dimatikan, tetapi jika Anda menggunakan NetMeeting jangan lakukan itu.
Network DDE : Menyediakan transpor dan sekuriti Dynamic Data Exchange (DDE) untuk program yang berjalan pada komputer yang sama atau berbeda. Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah transpor dan sekuriti DDE tidak akan tersedia. Service ini sebaiknya dimatikan.
Network DDE DSDM : Mengatur share jaringan Dynamic Data Exchange (DDE). Service ini boleh dimatikan. Dampaknya adalah share jaringan DDE tidak akan tersedia. Service ini sebaiknya dimatikan.
Performance Logs and Alerts : Fitur module untuk mencatat performa computer dan kegiatan lain yang dicatat pada sebuah file (Log file). Anda tidak perlu pusing dengan performa sistem Windows anda, matikan karena tidak banyak berguna untuk stand-alone.
Portable Media Serial Number : Fungsi module ini tidak berguna dan hanya diperuntukan bagi Windows Media based/compatible (”PlaysForSure”) portable. Pemakai MP3 tidak membutuhkan fitur ini dan sebaiknya dimatikan.
Remote Desktop Help Session Manager :
Remote Procedure Call Locator
Remote Registry : Memberikan otorisasi remote user memodifikasi registry pada sebuah computer. Sebaiknya dimatikan.
Remote Registry Service
Routing & Remote Access
Secondary Logon
Server
SSDP Discovery Service : Windows akan memonitor hardware lain dengan sistem Plug and Play.
Fungsi ini dapat dimatikan bila anda tidak lagi menambah perangkat lain atau hardware yang anda gunakan adalah permanen. Tetapi bila anda mengunakan banyak hardware sebaiknya fitur ini tetap diaktifkan.
Telnet
TCP/IP NetBIOS Helper
Upload Manager
Uninterruptible Power Supply : Sudah jelas fungsinya bila anda mengunakan UPS memerlukan fungsi ini, fitur ini khusus hanya untuk UPS yang terhubung ke computer melalui COM port. Bila tidak dapat mematikan.
Universal Plug and Play Device Host
Wireless Zero Configuration (Jangan didisable jika anda mengunakan Wireless) : Menyediakan fungsi otomatis untuk Wireless network adaptor.
Bila anda tidak memiliki perangkat WIFI dapat dimatikan.
Workstation
Dan yang terakhir silahakan anda Reboot komputer anda
semoga berhasil

Artikel Yang Berhubungan



0 comments:

Post a Comment

Gunakan kode smile seperti di bawah ini

:-) :-S :-P :-[ :-D }:-] X* ;-D :-| :-} :*) :-( ;-) XD

Silahkan berikan komentar anda yang membangun,No sara,No Porn No spam ...Dan gunakan Id nya jangan gunakan Id Anonymous kalau di gunakan akan saya Del ..!!! karena saya akan berkunjung balik

Site Info

free counters
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Site Meter

Followers

Komentar Pembaca

  © Blogger Newbie2011

Back to TOP