Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Belajar HTML, CSS, XML, JavaScript

Saturday, December 3, 2011


Dalam rangka pembelajaran Ngblog saya akan menuliskan apa yang telah saya pelajari sebagai bahan pengingat kelak ,
Saya berniat belajar HTML, CSS, XML, JavaScript ini di karenakan saya melihat tampilan template orang lain begitu indah dengan berbagai macam gaya dan setelah saya tanya kepada empunya template dia katakan bahwa hanya bermain CSS ,,...ck ck ck Hanya bermain CSS ...!!! seolah -olah CSS begitu mudahnya, tapi setelah saya surfing di google dan sampai disini W3Scools saya melihat banyak sekali tutorial yang bermanfaat buat saya sekaligus bikin pusing kepala .X*
Saya sempat bertanya pada abang sendiri yang sudah lebih dahulu bermain dengan internet (perblogan) dan dia katakan "banyak buka -buka situs tutorial sesuai apa yang saya niatkan untuk belajar" akan saya ingat selalu kata kata beliau (abangku).
Saya akan memulai menuliskan pembelajaran saya mulai dari awal saya belajar sekaligus saya akan copas semua artikel pembelajaran yang saya dapat dari W3Scools atau dari Situs yang lain nya untuk di jadikan bahan pengingat saya .
Sebelumnya saya berdoa dahulu :
Bismilahirrohmanirrohiim doa Yaa Allloh Yaa Robb yang maha Pengasih lagi maha penyayang berilah saya ilmu yang bermanfaat di dunia... kelak di akhirat serta berilah saya kemudahan dalam belajar HTML, CSS, XML, JavaScript dan jaukan saya dari sifat takabur ketika engkau sudah memberikan kepandaian pada saya Amin ..Amin...Amin Ya robbal A'lamin.
Dan juga semoga para Sahabat,Agan,Sis, Akang,Om,Tante..turut serta membantu dan mendoakan saya :-)
Tahap pertama saya harus tahu dahulu apa itu HTML, CSS, XML, JavaScript.
Ke-4 serangkai diatas yang menurut para master tidak dapat di pisahakan harus menjadi satu kesatuan agar sebuah Website atau Weblog (blog) menjadi lebih indah

1. HTML ( Hyper Text Markup Language ) ada juga HTML 5

Adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor.

File HTML dapat dibuat dengan aplikasi text editor apapun di sistem operasi apapun, antara lain : Notepad di Windows, emasc atau vi di Unix atau SimpleText di Macintosh. File HTML ini juga bisa dibuat di aplikasi word processor apapun asalkan saat menyimpan file tersebut disimpan dengan format text-only.

Salah satu kelebihan file HTML adalah cross platform, artinya file HTML dapat ditampilkan di beberapa Operating System (OS) yang berbeda dan memiliki tampilan yang sama walaupun saat pembuatannya menggunakan satu OS tertentu saja.

Contoh Kode HTML :


<html>
<body>

<h1>My First Heading</h1>

<p>My first paragraph.</p>

</body>
</html>

Nanti nya akan menjadi :

My First Heading

My first paragraph.



2. CSS ( Cascading Style Sheets ) ada juga CSS 1, 2, 3

Adalah bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup / markup language. Jika kita berbicara dalam konteks web, bisa di artikan secara bebas sebagai : CSS merupakan bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan / desain suatu halaman HTML.

Contoh CSS :

body
{
background-color:#d0e4fe;
}
h1
{
color:orange;
text-align:center;
}
p
{
font-family:"Times New Roman";
font-size:20px;
}

Ditampikan dengan gabungan HTML dan CSS menjadi



3. XML ( eXtensible Markup Language )

Adalah bahasa pemrogram dimana kata ‘extensible” berarti pengembang dapat mengembangkan kemampuannya. Informasi dalam XML disimpan didalam tag. Markup berarti sebuah bahasa yang dibangun dengan menggunakan tag untuk mengelilinginya atau mark up text.

Di HTML tag didefinisikan dan diterjemahkan oleh browser. Tag akan mengatakan kepada brower untuk memformar object seperti; text, image dan form. Pada XML tidak ada strktur informasi yang disampaikan seperti halnya HTML, sehingga untuk menampilkan informasi diperlukan parser untuk menterjemahkan antara data dan tag.

Contoh XML :

<?xml version="1.0"?>
<note>
<to>Tove</to>
<from>Jani</from>
<heading>Reminder</heading>
<body>Don't forget me this weekend!</body>
</note>

4. JavaScript :

Adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan disisi klien. jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser.

Javascript dipanggil untuk memberikan fungsi pada halaman web dengan meletakannya secara internal pada halaman html diantara tag <script> </script> atau dibuat pada file terpisah ( eksternal ) dan lalu di link menggunakan <link rel=”" href=”"> pada bagian <head>, seperti CSS

Contoh JavaScript :

<script type="text/javascript">
document.write("<p>" + Date() + "</p>");
</script>

Untuk Awal saya belajar saya cukupkan saja sampai disini dahulupostinganya,butuh beberapa waktu untuk saya belajar dan mengenal bahasa program diatas karena jujur saya bukan anak IT :-(.
Mudah mudahan atas iringan doa serta bantuan para master yang membaca postingan ini Saya bisa lebih baik lagi.

Artikel Yang Berhubungan



12 comments:

Banweb said... Reply Comment

boleh juga bos ilmunya. saya malah punya e-booknya untuk belajar HTML.

Al Fakir said... Reply Comment

@Banweb:
Share dong disini gan... link ebooknya atau langsung kasih tahu saja disini nanti akan saya post

Al Fakir said... Reply Comment

@Health and Beauty Tips Today:
Bukan Ajarin ... tapi mari kita belajar bersama di blog ini gan ,Saya juga orang baru dalam dunia blog

oppie said... Reply Comment

Kenapa bawa - bawa diriku X* keren belajar HTML mantab .... :-D

Bahrudin said... Reply Comment

Makasih banget, saya juga belum begitu paham masalah ini. tapi lumayan membantu para pemula XD

Hasan Setiawan said... Reply Comment

artikel keren, cek juga sob aplikasi akunting buatan anak Indonesia di kiper.co.id

Blogger Newbie said... Reply Comment

Javascript Sangat Mempusingkan :D

Salon Rumah said... Reply Comment

sangat membantu seperti saya yg newbie" yang awam dan haus akan ilmu blogg"
thanks n alhamdulilah"disini kita bisa berbagi ilmu.

Post a Comment

Gunakan kode smile seperti di bawah ini

:-) :-S :-P :-[ :-D }:-] X* ;-D :-| :-} :*) :-( ;-) XD

Silahkan berikan komentar anda yang membangun,No sara,No Porn No spam ...Dan gunakan Id nya jangan gunakan Id Anonymous kalau di gunakan akan saya Del ..!!! karena saya akan berkunjung balik

Site Info

free counters
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Site Meter

Followers

Komentar Pembaca

  © Blogger Newbie2011

Back to TOP